Blogger Nusantara 2013 Panitia Pun Punya Cerita Asyik

Blogger Nusantara 2013 Panitia Pun Punya Cerita

Blogger Nusantara..!!! ISTIMEWA…!!! Apa Kabar?!!! MAKSIMAL…!!! Entah dari mana saya harus bercerita mengenai Blogger Nusantara ini, hmmm… Blogger Nusantara 2013 ini adalah sebuah perhelatan akbar yang diselenggarakan tiap tahun sebagai ajang temu Blogger seluruh Indonesia (KOPDAR BLOGGER) dan Jogja adalah kota ke 3 yang menjadi tuan rumah, sebelumnya tahun 2011 di Sidoarjo, 2012 di Makasar. Saat mengetahui bahwa Blogger Nusantara 2013 akan diadakan di Jogja tentu saja rasa senang dan bangga menjadi tuan rumah menyelimuti, setelah mendapat konfirmasi dari pihak Steering Comite (SC) Blogger Nusantara, langsung saja kita membentuk Organizing Commite (OC) sebagai eksekutor event tersebut dengan melibatkan Komunitas Blogger Jogja (KBJ), Angkringan Media, joglo Abang (Rumah Budaya) dan masih banyak lagi pihak yang mempunyai andil besar dalam pelaksanaanya. Dalam rapat pertama pembentukan panitia, saya sendiri (@Fajar_MEP) harus tepok jidat karena ketiban jadi ketua 1 devisi acara bersama beberapa orang lainnya Ketua 2 devisi dokumentasi dan publikasi (@Jeanotn2) ketua 3 devisi transportasi dan akomodasi (@IwanRestiono) Skretaris (@tomipurba) Sekretaris lagi (@elzha09) Bendahara Harian (@atanasia_rian) ngga lupa Ketua umum (@denkenthir), eh iya ga lupa lagi orang paling terkenal sebagai humas (@Jarwadi), saya juga dibantu lho sama salah seorang Blogger ponorogo (@nunaminoz) yang tak masukin ke devisi acara, coordinator LO yang tiba-tiba saya tunjuk, bagi-bagi mumet e sorry lho bro 😀 (@S_AdiFirmansyah) sopo meneh ya, soale banyak banget, ngapunten yang belum di sebut (mumet ngapalke).

Blogger Nusantara 2013 Panitia Pun Punya Cerita

Dalam perjalanan pembuatan event #BN2013 ini ternyata tidak semulus yang di fikirkan dan di bayangkan, bagaimana tidak dengan waktu yang cukup sedikit, kita panitia harus berkejar-kejaran dengan waktu hampir setiap hari panitia melakukan rapat, survey dan lain sebagainya baik rapat global (semua panitia) atau per devisi sampai sampai setiap ketemu “orang rumah” hanya bisa melihat mereka sudah tertidur pulas, sedangkan pagi hari aktifitas rapat pun harus segera dimulai lagi (bayangkan…!!! Pie perasaan mu jal?? , curhat hehehe). Tidak hanya itu perbedaan pendapat pun sering terjadi hingga eyel-eyelan, marah-marahan, ketus-ketusan dan ini selalu terjadi ketika kita sudah dirumah dan watunya istirahat cek cok terjadi via online ( secara Blogger gitu loh 😀 ) dan sebagai panitia yang gentle dengan keadaan tersebut, maka semua itu sepakat di selesaikan secara jantan dengan COD (koyo jual beli wae) lalu baggai mana setelah ketemu? Jotos-jotosan ra bro? ora paling yo cengengesan, ketawa sambil menyelesaikan perbedaan pendapat yang terjadi semalam. Kok iso malah guyon ra gebuk-gebuk’an? Lha wong dasare panitia kabeh agak somplak (somplak bersahaja hehehehe, tapi ganteng-gangteng khusunya aku, dan ayu-ayu… tak kasih tas kresek kalo agak mual hihihi).

Setelah perancangan event #BN2013 sudah 80% termasuk rundown, materi acara, publikasi, akomodasi, transportasi, dan tempat diselenggarakannya acara (Pagelaran, Joglo Abang, Tembi), kita putuskan untuk membuka pendaftaran, dan setelah beberapa hari, ngga lama ada sesuatu yang bikin kita mecicil matane (baca : terbelalak matanya) adalah atusiasme pendaftar yang di luar dugaan quota yang direncanakan 1000 pendaftar ludes entek tanpa sisa sampai arep nylempit wae ga iso dab… saat itu juga di group OCBN2013 di WA riuh rebut (gek di tutup sek pendaftarane ndesss…!!!) akhirnya pendaftaran di tutup sementara sambil merekapitulasi pendaftaran yang telah masuk mbok menowo ada sek dobel atau iseng kan lumayan buat masukin peserta lagi karena antusiasme request agar pendaftaran dibuka lagi sangat banyak (nganti terharu bro… tapi ra nangis lho ya). Setelah beberapa hari, setelah rapat lagi merundown sana sini lagi, mengubah transportasi, akomodasi, konsumsi survey lagi kita putuskan untuk membuka pendaftaran lagi dengan syarat yang di tentukan, lha pie bro dari 1000 pendaftar ki jebulnya sek dari Jogja malah banyak sek belum daftar lak jozzz tenan 😀 dan dari luar Jogja juga masih banyak. Oke semua itu terselesaikan walaupun kalau di hitung plan yang di rencanakan sudah memakan semua huruf abjad A-Z hingga butuh bilangan romawi dan koordinasi semua panitia hingga panitia dari teman-teman diffabel (SIGAB) sudah dilaksanakan H-2 dan semua sudah FIX 99,9% dan kita anggap semua sudah ready siap bertempur menyukseskan dan menyambut semua peserta.

Jumat dini hari 29 November 2013 sekitar pukul 02.00 di saat beberapa panitia lembur menyiapkan co card untuk peserta tiba-tiba ada sebuah wacana bahwa pagelaran hanya bisa di gunakan pada pukul 13.00-16.00 (belum pasti) saat itu juga saya langsung meluncur ke tempat teman-teman yang sedang menyiapkan co card untuk menggelar rapat kecil untuk merubah semua rundown yang telah ada sebagai cadangan bila wacana tersebut terjadi dan mengirimkannya ke semua panitia inti agar ikut menyesuaikan plan cadangan yang saya buat, kenapa hanya panitia inti? Agar tidak terjadi shock terapi ke semua panitia dan agar tetap bisa terkoordinir dengan baik. Setelah semua selesai pukul 03.30 kita mempunyai waktu istirahat ke rumah masing-masing (tapi ya ga iso merem bro kepikiran). Oke pagi hari peserta pun mulai berdatangan coordinator LO mas Adi Firmansyah dan para LO hebat ini sudah siap untuk menyambut dan meregistrasi begitu juga dengan devisi transportasi sudah siap wira-wiri menjemput peserta dengan penuh senyuman dan kehangatan (semoga memang semua ini terjadi).

Jumat siang semua panitia sudah ready berada di hotel Blangkon Prawirotaman, seringkali rapat-rapat kecil terjadi di sela-sela obrolan terkait wacana pagelaran tersebut, tak bisa di pungkiri kegelisahan teman-teman panitia sangat besar tetapi kita mencoba tetap tertawa dan tidak menunjukannya di depan umum khususnya peserta (bilang saja gawanane pancen rodo edan :-D) tak heran lagi bahwa Ahmad Saiful (@AhSyai) begitu paniknya hingga bertanya tentang kepastian pagelaran ke saya hingga berulang kali, lha gimana ga bingung, dia tu sie konsumsi yang akan melayani ribuan blogger bro hahahahaha…. Akhirnya pada pukul 19.30 kita mendapat sebuah kepastian yang sangat sangat sangat mengejutkan bahwa pagelaran kraton tidak bisa di gunakan dan semuanya harus di alihkan ke joglo Abang (Rumah Budaya) dimana tidak ada sama sekali plan untuk itu (rasane kaya jjatuh ketiban tangga, ketiban atap, ketiban ban truck macem-macemlah) panic? Jelas!!! Ra panic ra normal… langsung semua panitia dengan sigap menggelar rapat dadakan di salah satu kamar hotel Blangkon sampai jam 20.00 dan dilanjutkan rapat lagi ke Joglo Abang sampai dengan pukul 00.00 untuk membuat kerangka besar plan, dilanjut pembuatan plan detail acara agar semua devisi bisa menyesuaikannya walaupun dadakan dan membuat blas sms ke semua peserta bila ada perubahan tempat dan rundown acara, setelah semua clear beberapa panitia langsung menuju Joglo Abang lagi untuk sedikit membuat dekorasi dan pemasangan backdrop sampai subuh, dilanjut menuju Tembi untuk mengantar beberapa spanduk.

Pagi hari hamper semua panitia tidak memajamkan mata langsung di lanjut kegiatan membawa peserta dari penginapan hingga Joglo Abang yang jaraknya cukup jauh, disini saya salut dengan sie transportasi (@WawanSetyawan) yang sangat bekerja keras dengan teman lainnya, pembukaan acara agak sedikit molor karena waktu untuk moving peserta tidaklah sedikit, dan semua kerja, kelelahan rasanya terbayar saat melihat begitu banyak sahabat blogger yang dating berkumpul menjadi satu dari seluruh propinsi dan daerah di Indonesia dan serentak menyanyikan lagu “INDONESIA RAYA”. Rundown acara berjalan step by step yang di jalankan oleh Frista (@nunaminoz) dan teman-teman acara dari balik layar yang memang dari awal sudah saya weling agar jadi backup karena saya sendiri takut tidak konsentrasi, disitu saya mencoba sedikit melepas lelah di sofa Joglo Abang yang terletak di belakang pendopo walau hanya larrr lerrr larrr lerrr beberapa menit karena harus memastikan ke Frista acara berjalan dengan baik atau merubah durasi yang ada, agar rundown tetap berjalan.

Acara menjelang pengujung acara di sesi #BN2013 terlihat rasa lelah peserta disisi balik layar, disitu semua beberapa panitia inti melakukan rapat lagi bagaimana caranya agar para peserta bisa menikmati Kota Jogja, Oke siap rencana sudah tergambar dan step sudah jelas untuk memboyong peserta saatnya eksekusi setelah klimaks acara, tetapi ternyata semua tidak sesuai harapan, sebagian peserta sudah terangkut ke kota untuk jalan-jalan, tetapi sebagian peserta tertahan karena bus tidak kunjung jalan, karena peserta juga tersebar di mana-mana hingga panitia juga kesulitan dalam mencari hingga akhirnya di putuskan untuk membawa semua peserta langsung ke Tembi karena waktu sudah tidak memungkinkan (maaf nggih ngga jadi tour jogja). Setelah sampai di Tembi peserta di bagi untuk mendapatkan Homestay untuk beristirahat. Setelah memastikan semua peserta dan LO mendapatkan tempat istirahat saatnya panitia breefing lagi untuk memastikan kelancaran acara esok paginya hingga pukul 03.00, waktu istirahat yang di idam idamkan pun tiba termasuk saya, saat hamper terlelap di dalam mobil tiba-tiba iwan Restiono ketua devisi 3 datang dengan panitia local member tahu bahwa ada peserta yang sakit di homestay 4 namnya saya lupa (apalah arti sebuah nama,yang terpenting adalah rasa kebersamaan, dan kekeluargaan, betul ga?), okelah langsung meluncur ke TKP dan membawanya ke RS terdekat bersama Pak Nuzulul Arifin dan Bang Nes (keduanya juga peserta dari KBJ yang membantu) sepulang dari RS saya melihat jam di ponsel dan masih tersisa waktu 1,5 jam untuk memejamkan mata, dan akhirnya saya pun terlelap di dalam mobil.

Sengatan sinar matahari membangunkan saya dari tidur yang sangat berharga, acara pun di mulai dengan pembukaan di panggung utama bersama teman-teman diffabel (SIGAB) dilanjutkan dengan sepakbola tuna netra, bazzar teman-teman diffabel, hiburan di panggung utama, dan tidak jarang peserta yang jalan-jalan menikmati suasana desa wisata Tembi, sehingga di sana-sini banyak sekali LO yang wira-wiri menemani. Kegiatan sharing di pendopo sentono pun juga akan segera dimulai dengan pembicara dari Paguyuban Anggara Kasih (Selasa Kliwon) mengenai kearifan budaya local, dan Pakdhe Senggol pemilik akun twitter @Jogjaupdate yang akan sharing mengenai management sebuah akun social media.

Karena peserta banyak yang jalan-jalan agak sulit untuk mengumpulkannya sehingga tercetuslah ide membuat pengumuman keliling menggunakan sepeda motor dan megacot (baca : megaphone) bersama iyox (@devamelodica) karena dia eksekutor koar-koarnya dan saya pengendaranya (sorry bro, kamu harus menanggung malu hahahaha) pesan tersebut pun dengan baik di tangkap para peserta hingga acara berjalan sesuai rencana hingga penutupan #BN2013 dan mengantarkan seluruh peserta menuju titik transportasi menuju terminal, bandara atau masih mau keliling Jogja. Rasa lega menyelimuti menghampiri membahana, senyum lebar dan tawa lepas mulai ada bukan hanya saya tetapi semua panitia, hingga mba Mubarika bilang, kurang lebih gini “gimana chivaz? Pakunya udah mulai lepas satu-satu” hehehe iya mbak…

Semua clear dan acara selesai, saatnya semua panitia tak terkecuali kembali ke rumah masing-masing untuk istirahat, dalam perjalanan pulang saya sempatkan menutup mata di saat terjebak trafictlight untuk melepas lelah dengan nuansa dingin AC mobil yang saya bawa, sejenak saya sempatkan untuk beristirahat dan ngobrol-ngobrol di rumah rian, hingga agak larut, di lanjut perjalanan pulang dengan iyox dan menikmati kuliner untuk mengisi perut, tidak lama berselang saat membuka akun twitter ternyata ada teman dari Blogger Lampung terkena musibah kecelakaan, dari TL twitter yang saya pantau Jeanot sudah meluncur ke RS di susul saya dengan iyox langsung tancap gas menuju RS karena, kaki pasien agak sulit untuk berjalan, nah disini ada sebuah keanehan, nggak tau karena kesambet atau saking ngantuknya iyox mencoba ngobrol sama teman-teman di RS tapi rasane ki ra nyambung blas, jadi koyo waton muni ngobrol e hahahahaha….

Setelah mengantarkan ke hotel tempat menginap, saatnya pulang dan beristirahat selama 15 jam non stop. Banyak sekali pelajaran di #BN2013 ini mulai dari management waktu, uji kesolid’an, belajar rasa persahabatan, kekeluargaan dan lain sebagainya tapi pokok e yang jelas asyik akeh konco anyar. Saya mewakili seluruh panitia #BN2013 memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang hadir, kami sangat-sangat menyadari banyak kekurangan kami dalam memberikan suguhan, pelayanan kepada teman-teman semua, sekali lagi mohon maaf nggih… Semoga kita semua di pertemukan di event berikutnya… AMIN…

NB : Mohon maaf bila tulisan saya jelek, agak ga nyambung, bahasane mawut ga karuan karena sudah sangat pagi dan kopi saya sudah di rampok sama cicak :’( Jangan lupa Follow @Blogger_Jogja

 

Beberapa tulisan dari panitia (Updated) :

4 thoughts on “Blogger Nusantara 2013 Panitia Pun Punya Cerita Asyik”

  1. Malam hari acara Gala Dinner terlewatkan!!!!! wadowwww….sayang banget….semua tepar kecapean sampe gak ada yang bangun…kalaupun ada yang bangun gak berani bangunin….lelahhhhhhhh……ampiun…Maaf el Pres MBC Ina dan panitia JAMNAS VI, kami tidak hadir di acara memang kami betul-betul sangat cape…. maaf yaaa…….

  2. Pingback: max

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *