Dari Chating Turun Ke Blogging

Bowo Ekowidodo

Di sesi kenalan ini boleh donk saya menyebutkan nama keramat saya yaitu Bowo Eko Widodo. Lumayan juga loh kalau di serach di google wkwkwk. Saya berasal dari Sragen. Sebenarnya tidak banyak yang bisa saya ceritakan mengenai dunia blogging dan kenapa saya dari Sragen kok masuk KBJ. Saya mulai kenal internet belum lama juga dan itupun di Jogja.

Kenalan pertama kali dengan Internet diakhir tahun 2000. Pada saat itu masih suka dengan MIRC dan ngerjain teman teman. Namun akhirnya bosen juga dan kenal dengan website. Awalnya saya belajar hanya html saja karena memang pasa saat itu programing web belum begitu menggema. Desainpun kebanyakan pake tabel.

Di tahun 2003, saya kenalan dengan ASP dan Visual Basic. Demi menajamkan ilmu saya belajar membuat CMS sendiri dari gusetbook, counter dan lain lain untuk menunjang CMS buatan saya. Akhirnya di tahun 2004 kalau tidak salah menulis buku dan di terbitkan oleh Andi Publisher, lumayan tidak laku wkwkw, soalnya orang orang lebih condong ke PHP.

Kenalan di forum publisher tahun 2005 dan memanfaatkan website yang saya punya dan kemampuan programing saya memasang google adsense. Lumayan saat itu bisa buat bayar kontrakan dan lengganan internet TV kabel. Kalau tidak salah di tahun 2006 jogja mengalami goncangan dahsyat, para publisher di banned besar besaran dan saya termasuk di dalamnya. Rupanya ada yang menjual cara kotor di forum dan koran lokal.

Saya berhenti dari dunia online, karena pulang ke kampung halaman di Sragen dan koneksi internet sangat sulit saya dapatkan. Kesibukan saya isi dengan cuap cuap di radio FM ilegal buatan sendiri :D. Lumayan bisa sedikit elektronika dan juga kadang masih online untuk sekedar update blog serta download lagu itupun perjalanan di tempuh sekitar 17 KM buat ke warnet.

Di tahun 2009 saya memulai ngeblog kembali menulis ini itu, dan di tahun 2011 akhirnya mengontrak domain bowoekowidodo.com. Kalau di tanya mengenai pendapatan dari internet sih lumayan. Paling ndak ada buat perpanjangan domain wkwkwk. Dan itupun berlanjut sampai sekarang.

Kenalan dengan KBJ sebenarnya dulu diawali kenal di Blogilicious Yogyakarta. Dari situ ketika teman teman membentuk KBJ saya ikut juga karena paling tidak saya sudah tinggal di Jogja 6 tahun, dan awal ngenetpun juga dari Jogja , moga moga sih dapat cewek Jogja juga wkwkwkwk.

Untuk yang belum atau baru memulai blogging. Saya sendiri cuman bisa memberikan arahan. Nikmati ngeblogmu, jauh jauhkan tujuan dari mendapat uang. Jika anda sudah menikmati jalan untuk mendapatkan uang akan sangat banyak. Yang penting anda fokus pasti bisa. Jika anda memulai dengan ingin mendapat uang saya yakin anda tidak akan bisa bertahan lama ketika uang tidak anda dapatkan.

note : – postingan ini mimin re-publish menggunakan akun mimin karena pas pindahan hosting kemarin, postingan ini gak kebawa 🙂 tapi murni tulisan mas bowoekowidodo 🙂 –

20 Comments on “Dari Chating Turun Ke Blogging”

  1. Moco seko awal tekan “..moga moga sih dapat cewek Jogja juga wkwkwkwk.”
    njur ngakak, lali fokus cerita.
    Wes ndang to mbah, dilamar dek e.

  2. Cerita anda sangat memotivasi saya untuk mulai eksis di dunia blogging, mudah-mudahan dunia blogging bisa memberi kontribusi positif buat saya
    salam blogger

  3. Saya merasakan banyak hal positif selama menekuni dunia blogging, lebih confidence dan tentunya juga ada perbaikan finansial. keep blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *