Mendulang Rupiah dengan Program Affiliate Lazada

Kali ini kita akan membahas program affiliate dari Lazada Indonesia. Sudah pernah mendengar istilah affiliate? Affiliate adalah sebuah sistem marketing yang melibatkan pihak ketiga untuk mendapatkan penjualan. Pihak ketiga itu bisa siapa saja dan hanya dibayar dengan prosentase atau nominal tertentu jika sebuah produk yang ditawarkan laku terjual.

Abang tukang becak menunggu pelanggan berbelanja bakpia
Ilustrasi: Abang tukang becak menunggu penumpang belanja di toko oleh-oleh. Courtesy: Flickr – normie60

Ilustrasi paling mudah dari program affiliate atau afiliasi ini dapat kita temui sehari-hari di sekitar kita. Ambil contoh yang paling terlihat adalah tukang becak di Malioboro. Untuk anda yang tinggal di Jogja atau sudah pernah ke Malioboro pasti tahu momen ini. Saat mencari penumpang, salah satu yang ditawarkan apa? Ya, betul, diantar ke tempat beli bakpia khas Jogja yang enak dan oleh-oleh lainnya.

Jika ada wisatawan yang meminta oleh-oleh, maka si tukang becak akan mengarahkannya ke toko tertentu. Secara tidak langsung, si tukang becak ini menjadi marketing bagi toko bakpia dan oleh-oleh itu. Timbal balik bagi si tukang becak itu adalah mendapatkan prosentase atau nominal tertentu dari setiap transaksi yang dilakukan oleh pembeli yang dibawa atau direkomendasikannya.

Bagaimana dengan program affiliate Lazada?

Pada dasarnya tidak banyak perbedaan antara program affiliate Lazada dengan sistem yang dijalankan oleh tukang becak di Malioboro. Perbedaan yang terlihat adalah mereka melakukannya di dunia nyata, kita para blogger melakukannya di dunia maya. Target para tukang becak adalah wisatawan yang datang ke jogja, sedangkan target kita adalah visitor yang mengunjungi blog kita. Nah, tidak terlalu beda, kan?

Bagan yang menunjukkan bagaimana program affiliate Lazada bekerja. Courtesy: Lazada.co.id
Bagan yang menunjukkan bagaimana program affiliate Lazada bekerja. Courtesy: Lazada.co.id

Tugas kita sebagai blogger jika tergabung dalam program affiliate Lazada adalah mempromosikan produk-produk yang dijual oleh Lazada. Caranya adalah dengan menggunakan instrumen promosi yang disetujui, yakni banner atau artikel di blog anda. Misalnya anda memposting sebuah artikel tentang ponsel Lenovo A706, seperti yang saya miliki sekarang. Nah, anda bisa mencantumkan sebuah tautan menuju Lazada yang mengandung affiliasi anda atau URL extension pada brand yang dibahas tersebut.

Dengan tautan tersebut, pengunjung blog anda yang membaca review anda tentang Lenovo A706 bisa langsung klik tautan tersebut dan menuju situs belanja online Lazada langsung pada halaman Lenovo A706. Nah, pada saat pengunjung anda tersebut melakukan pembelian, maka anda akan mendapatkan komisi yang besarnya sesuai dengan volume penjualan yang terjadi atas referensi anda dalam sebulan. Anda bisa mendapatkan komisi 3%, 4% atau 5%, dimana semakin banyak penjualan anda, semakin tinggi prosentase komisinya. Skemanya adalah sebagai berikut:

  1. 0-60 transaksi setiap bulan, komisi = 3% dari nilai barang sebelum pajak
  2. 61-120 transaksi setiap bulan, komisi = 4% dari nilai barang sebelum pajak
  3. Lebih dari 120 transaksi setiap bulan, komisi = 5% dari nilai barang sebelum pajak

Pasti ada pertanyaan, bagaimana jika si pengunjung tidak langsung membeli? Tenang saja, ada fasilitas cookie selama 30 hari. Jadi selama 30 hari, data affiliate masih tersimpan di komputer calon pembeli. Jadi ketika dalam 30 hari pengunjung anda itu kembali ke website Lazada dan melakukan pembelian, maka anda masih tercatat sebagai affiliate atau orang yang mengarahkan orang tersebut membeli di Lazada.

Bagaimana syarat dan ketentuan mengikuti affiliate Lazada?

Program affiliate Lazada tidak terlalu rumit, cukup mudah dijalankan, bahkan bagi blogger pemula yang belum tahu banyak hal tentang dunia internet marketing sekalipun. Coba kita simak syarat dan ketentuan blog untuk affiliasi Lazada dibawah ini:

  • Blognya aktif, artinya bukan blog yang ga pernah update dan ga ada pengunjungnya.
  • Tidak mengandung unsur SARA, Pornografi, sharing barang bajakan, dan hal-hal yang melanggar hukum lainnya di dalam konten blog tersebut.
  • Boleh menggunakan blog gratis macam blogspot.com, wordpress.com, weebly.com
  • Tidak boleh menggunakan facebook note.
  • Nama website/blog tidak boleh mengandung kata LAZADA.

Untuk blogger yang baik, terutama dari Komunitas Blogger Jogja, pasti bisa memenuhi syarat-syarat diatas. Program affiliasi ini terbuka untuk umum, sehingga siapapun boleh mendaftar, selama anda masih hidup di dunia, bukan di akhirat.  Kabar baiknya adalah, jika blog anda sesuai ketentuan diatas, sangat besar kesempatan blog anda diterima dalam program affiliasi Lazada ini.

Untuk lebih lanjut, silahkan cek saja program affiliasi Lazada di web resminya. Anda bisa daftar dulu di program affiliate Lazada, sembari belajar bagaimana menjalankan bisnis ini. Jika anda masih kurang jelas juga, silahkan saja nanti datang ke Lazada Affiliate Blogger Gathering 2014 yang akan dilaksanakan di Jogja.

43 thoughts on “Mendulang Rupiah dengan Program Affiliate Lazada”

  1. Saya sudah menjadi affiliate dari Lazada ini, walo belum optimal karena memang belum optimasi untuk jadi affiliator (bener ga?)
    Mungkin dengan nanti ada pencerahan bisa lebih optimal dan dapat earning tentunya

  2. mau daftar tapi kemarin lihat harus ada review blognya, la wong gak punya blog yg bisa untuk jualan, y wes 😀

  3. dari dulu pengen daftar ini affiliate, tapi belum punya blog yang cocok 😀
    nunggu pembuatan blog baru dulu baru deh daftar besok 😀 😀
    salam maksimal

  4. wah baru tahu saya, terima kasih informasinya mas bro .. sbentar tak lihat cara afiliasinya, siapa tahu bisa saya masukkan ke web percetakan saya.

  5. Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu saya udah gabung jadi affiliasinya Lazada, meskipun transaksi baru beberapa buah saja. Semoga kedepannya Lazada lebih meningkatkan komisi bagi affiliaters menurut kategori produknya, agar lebih mitra (affiliater) lebih bersemangat dan maksimal lagi dalam memasarkan produk yang dijual oleh Lazada.

  6. wah… baru tau ane kalo ada program affiliate lazada.
    tp setelah baca2, ternyata beberapa blog ane berada di jalur yang “plus-plus” 😀
    cuma 2 blog aja yang berada di jalur yang benar 😀

  7. Pingback: Jay
  8. Pingback: jesse
  9. allhamdulilah sudah dftr jdi affilate lazada tpi belum maksimal dan juga belm pecah telurr heheeheheh maklum masih newbiee

    mohon bimbingan ya gan

  10. Bisnis affiliasi kini merupakan kebutuhan, sangat berguna bagi para blogger yang belum mempunyai produk sendiri. lazada merupakan salah satu web yang memberikan keuntungan affiliasi bagi kita. thanks infonya, kunjungi websiteku juga
    desaingambarrumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *