Menjelajahi Shiva Plateau, Mengenal Tiga Tempat Wisata Baru

Kamis, 19 Oktober 2017, Dinas Pariwisata Sleman beserta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman mengundang berbagai media, seperti media resmi (baik cetak maupun elektronik), maupun media non resmi seperti bloger ke dalam acara Famtrip wisata di Shiva Plateau.

Turut hadir juga bupati Sleman, bapak Drs. H. Sri Purnomo, M.SI dalam rangkaian acara. Tak sendiri, Bupati Sleman juga didampingi oleh camat Prambanan, bapak Eko Suhargono, S.IP, serta didampingi kepala desa setempat.

Bupati SLeman
Bupati Sleman berbincang dengan pedagang lokal di Tebing Breksi

Acara ini bertujuan untuk mengenalkan tiga wisata baru di Shiva Plateau, yaitu: Selo Langit, bukit Teletubbies, dan bukit Klumprit.

Shiva Plateau merupakan dataran tinggi yang berada di wilayah Sleman bagian timur, sebelah selatan Prambanan. Plateau atau yang dengan nama lain Plato memiliki arti dasar berupa dataran tinggi. Sedangkan Shiva (Siwa) diambil dari nama Dewa Hindu. Penggunaan nama ini bisa jadi karena di dataran tersebut ada banyak candi peninggalan budaya Hindu.

Cuaca panas yang menerpa Jogjakarta beberapa bulan ini, tak menyurutkan niat para travel blogger untuk mengikuti acara famtrip. Bermula dari Hotel Rich, peserta diajak berjalan menuju Tebing Breksi sebagai titik kumpul menggunakan bus. Beberapa peserta ada yang langsung menuju Tebing Breksi.

Camat Prambanan
Pak Camat menjelaskan tempat wisata

Di Tebing Breksi, acara dimulai dari sambutan dan ramah tamah dengan Bupati Sleman, serta pengenalan sekilas tiga wisata di dataran tersebut.

Untuk menjelajahi tiga tempat wisata tersebut, disediakanlah jip untuk transportasi peserta. Di hari biasa, jip ini juga tersedia untuk disewa oleh wisatawan. Tergantung dari paket yang diambil, harga tur menggunakan jip dipatok mulai dari Rp.200.000.

Persinggahan pertama, peserta diajak untuk mengenal lebih dalam Selo Langit. Dari Selo langit, kita dapat melihat pemandangan wilayah Sleman dan Klaten dengan dominasi petak sawahnya.

Watu Payung
Watu Payung

Jika berangkat dinihari, Selo Langit juga dapat dijadikan tempa untuk menyaksikan matahari terbit dari timur. Tak hanya pagi hari, di malam hari, kita juga bisa melihat pemandangan kemerlap lamp perumahan dari ketinggian.

Beranjak dari Selo Langit menuju bukti Teletubbies.

Dari bukit Teletubbies, kita dapat melihat pemandangan kota Jogjakarta dan Sleman. Tak hanya itu, Rumah Teletubbies yang unik di Indonesia ini juga dapat kita lihat.  Oleh karena kita bisa melihat rumah Teletubbies, maka bukit inipun dinamai Teletubbies.

Bukit Teletubbies
Rumah Teletubbies dari Bukit Teletubbies

Tempat terakhir yang dituju, diberi nama bukit Klumprit, diambil dari nama dusun setempat yang terletak di desa Wukiharjo, Prambanan.

Bukit Klumprit punya potensi wisata yang besar karena kontur arealnya yang unik. Di Bukit Klumprit, kita bisa melihat bebatuan yang terlukis secara alami. Lukisan ini terbentuk dari aliran air yang tercipta ribuan tahun lamanya.

Selian bebatuannya yang unik, bukit Klumprit juga merupakan spot yang asik untuk menyaksikan matahari tenggelam atau sunset.

Bukit Klumprit
Bukit Klumprit

Sejatinya, urutan perjalanan menjelajahi tiga wisata di atas dimulai dari Selo Langit, dilanjutkan dengan bukit Klumprit, dan yang terakhir adalah bukit Teletubbies. Namun karena rasa penasaran akan sunset di bukit Klumprit, maka rute dibuat sedikit memutar untuk menunaikan hasrat.

Senja di Bukit Klumprit
Senja di Bukit Klumprit

Akan lebih menjelajahi wisata di Shiva Plateau menggunakan mobil jip yang dapat disewa dari Tebing Breksi. Pada dasarnya, dimungkinkan untuk menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau mobil keluarga. Hanya saja, jalannya yang tidak selalu mulus, kadangkala menyulitkan diri untuk menuju lokasi. Belum lagi jalan perkampungan yang banyak cabang, seringkali membuat bingung pengendara mengambil jalan yang benar.

Galeri gambar dapat dilihat dan diunduh pada tautan berikut: MegaSync.

About Dedy Yugo Purwanto

Bagi saya, keindahan itu sederhana. Kota asing di senja dengan langit birunya, serta lampu jalanan yang sudah mulai menyala. Berbagi cerita perjalanan melalui www.bajalanan.com.

View all posts by Dedy Yugo Purwanto →

One Comment on “Menjelajahi Shiva Plateau, Mengenal Tiga Tempat Wisata Baru”

  1. Keren gan.. Fotonya bening-bening kualitasnya…

    Btw, udah lama blogging di Jogja, baru tahu ada webnya blogger jogja.. haha
    Boleh lah saia diajak bergabung gan, supaya tidak menjadi blogger kesepian.. wkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *