Diet Terbaik untuk Jenis Kulit Anda

Mendiagnosis Kering Berminyak kombo Jerawat kulit kusam Kulit dewasaBawa pulang

Tumbuh dewasa, Anda mungkin pernah mendengar bahwa apa yang ada di dalamlah yang diperhitungkan. Dan memang benar – siapa diri Anda lebih penting daripada penampilan Anda.

Namun bukan berarti perawatan diri, termasuk perawatan kulit, itu egois. Dan klise lama mungkin juga berlaku ketika Anda sedang mengerjakan penampilan luar Anda.

“Ketika berbicara tentang kulit dan permukaan kulit, orang mungkin berpikir mereka perlu mengobatinya dengan salep topikal,” kata Lisa Moskovitz, RD, CDN, CEO New York Nutrition Group dan mitra Seeds of Change. “Banyak dari apa yang kita lihat di luar adalah produk dari apa yang terjadi di dalam. Makanan adalah bagian dari itu.”

Michele Green, MD, seorang dokter kulit kosmetik yang berbasis di New York, setuju.

“Diet terutama berdampak pada tingkat berbagai hormon dalam tubuh, dan hormon mengatur banyak proses alami yang terjadi di dalam tubuh,” kata Green. “Ini berarti kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan, tak terhindarkan, terkait erat dengan fluktuasi hormon yang dipengaruhi oleh diet.”

Green mengatakan mengonsumsi makanan tertentu dan menghilangkan yang lain dapat membantu memperbaiki kulit Anda.

Yang mengatakan, makanan terbaik untuk Anda akan tergantung pada jenis kulit Anda. Strategi ini mirip dengan bagaimana Anda mungkin memilih pelembab yang berbeda dari teman Anda dengan jenis kulit lain. Inilah yang disajikan oleh tiga ahli tentang apa yang harus dimakan berdasarkan kebutuhan kulit Anda.

Baik itu rejimen perawatan kulit yang terbukti benar, seberapa sering Anda mencuci rambut, atau kosmetik yang membuat Anda penasaran, kecantikan adalah pribadi. Itu sebabnya kami mengandalkan beragam kelompok penulis, pendidik, dan pakar lainnya untuk berbagi kiat mereka tentang segala hal mulai dari cara aplikasi produk bervariasi hingga masker lembar terbaik untuk kebutuhan pribadi Anda. Kami hanya merekomendasikan sesuatu yang benar-benar kami sukai, jadi jika Anda melihat tautan toko ke produk atau merek tertentu, ketahuilah bahwa itu telah diteliti secara menyeluruh oleh tim kami.

Bagaimana mendiagnosis jenis kulit Anda?

Sebelum Anda mulai mengisi keranjang belanjaan Anda, Anda harus mencari tahu jenis kulit yang Anda miliki.

Green menyarankan untuk memulai dengan tidak menggunakan produk apa pun setelah membersihkan kulit dan memperhatikan tampilannya setelah beberapa jam. Ada beberapa petunjuk yang dapat membantu Anda menentukan tipe apa yang Anda miliki.

Secara umum, jenis kulit utama adalah:
  • kering
  • normal
  • berminyak
  • kombinasi
Dalam jenis kulit ini, mungkin ada masalah lain, seperti jerawat, mengelupas, atau kusam.
Menurut Green, jika kulit Anda terlihat:
  • mengkilap, Anda memiliki kulit berminyak
  • bersisik, merah, atau teriritasi, Anda memiliki kulit kering
  • berminyak di beberapa area dan kering di area lain, Anda memiliki kulit kombinasi

Makanan terbaik dan terburuk untuk kulit kering

Jika kulit Anda kering, mungkin haus.

“Kami ingin memikirkan tentang hidrasi,” kata Moskovitz. Minum 2 liter air setiap hari dapat membantu, tetapi Moskovitz mengatakan Anda juga bisa mendapatkan air melalui buah-buahan, seperti semangka.

Green mengatakan Anda juga dapat menghidrasi kulit Anda melalui asam lemak, seperti yang ditemukan di:

  • alpukat
  • minyak zaitun
  • ikan salmon

Dan Anda akan ingin menjaga asupan makanan dan minuman dehidrasi seminimal mungkin.

“Kelebihan kafein dan alkohol dapat mengeringkan,” kata Moskovitz.

Tingkat toleransi setiap orang berbeda, tetapi dia menyarankan untuk membatasi diri Anda hingga 400 miligram kafein per hari (sekitar dua hingga tiga cangkir kopi 8 ons) dan mengikuti panduan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) ketika datang ke alkohol.

Tapi kulit kering bukan hanya produk dehidrasi.

“Kekurangan [vitamin A dan C] dapat menyebabkan kulit kering,” kata Green. Dia menyarankan untuk meningkatkan asupan:

  • bayam
  • Brokoli
  • ubi

Makanan terbaik dan terburuk untuk kulit berminyak

Moskovitz mengatakan tergoda untuk menghilangkan minyak dari diet Anda jika Anda memiliki kulit berminyak. Tapi itu belum tentu rute terbaik.

“Orang-orang secara otomatis menganggap minyak menciptakan lebih banyak minyak,” katanya. “Minyak anti-inflamasi … benar-benar dapat menguranginya.”

Beberapa makanan dengan minyak anti-inflamasi meliputi:

  • alpukat
  • Zaitun
  • ikan
  • benih lenan

Tetapi Moskovitz menyarankan kliennya untuk membatasi makanan berminyak, makanan ultra-olahan, seperti kentang goreng, dan menjaga asupan gula tambahan seminimal mungkin (atau di bawah 10 persen per hari).

Green setuju dan mengatakan beberapa pertukaran sederhana bisa sangat membantu dalam mengendalikan kulit berminyak. “Mencegah kelebihan produksi sebum dan memerangi pori-pori yang tersumbat bisa semudah mengganti biji-bijian gandum utuh dengan karbohidrat olahan dan memilih unggas atau ikan daripada … daging merah,” kata Green, menambahkan bahwa mengganti makanan manis dengan gula alami, seperti buah, juga bisa membantu.

Makanan terbaik dan terburuk untuk kulit kombinasi

Karena kulit kombinasi adalah campuran kering dan berminyak, Moskovitz mengatakan mengintegrasikan rencana makan untuk kedua jenis adalah awal yang baik.

Orang dengan kulit kombinasi tidak perlu membuang karbohidrat sepenuhnya. Tapi Green mengatakan penting untuk memperhatikan jenis biji-bijian dan gandum yang Anda makan.

“Karbohidrat dapat menyebabkan peradangan dan dapat merusak keseimbangan seseorang dengan kulit kombinasi,” katanya. “Saat memilih karbohidrat, pilihlah yang tinggi protein dan rendah glikemik, seperti beras merah atau quinoa.”

Makanan terbaik dan terburuk untuk kulit berjerawat

Meskipun jerawat sering dianggap sebagai masalah remaja, sebenarnya tidak.

American Academy of Dermatology Association mendefinisikan “jerawat onset dewasa” sebagai jerawat yang muncul untuk pertama kalinya pada individu ketika mereka dewasa. Menopause adalah penyebab umum.

“Ini adalah kombinasi dari sifat berminyak, peradangan, dan bakteri,” kata Moskovitz.

Moskovitz menyarankan orang-orang dengan jerawat untuk membidik mikronutrien daripada hanya mengikuti rencana diet untuk kulit berminyak.

“Dapatkan banyak vitamin C melalui berbagai buah beri dan buah-buahan,” katanya. “Zinc bisa sangat membantu untuk jerawat, dan Anda bisa menemukannya di kerang dan protein hewani tanpa lemak seperti ayam.”

Anda juga dapat menemukan sumber seng nabati dalam makanan, seperti sereal yang diperkaya dan biji labu.

Green mengatakan beberapa klien beruntung meminimalkan atau memotong produk susu, serta makanan manis atau berlemak.

“Makanan ini telah [ditemukan] menyebabkan peradangan pada kulit dan menyebabkan lonjakan hormon yang mengatur produksi sebum,” kata Green. “Peningkatan jumlah sebum yang dihasilkan dapat berkorelasi dengan penyumbatan kelenjar sebaceous dan perkembangan jerawat.” Tapi Moskovitz mengatakan probiotik, seperti yang ditemukan dalam yogurt Yunani, dapat membantu jerawat. Dia menyarankan untuk berbicara dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum menghilangkan makanan yang juga memiliki manfaat nutrisi, seperti susu, karena tubuh setiap orang berbeda.

Makanan terbaik dan terburuk untuk kulit kusam

Dermatologis menekankan bahwa penyamakan bukanlah cara yang aman untuk mendapatkan kulit bercahaya alami, karena merupakan bentuk kerusakan akibat sinar matahari. Tetapi menambahkan makanan tertentu ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda mencapai tampilan yang dicium matahari setiap saat sepanjang tahun.

Moskovitz mengatakan bahwa kulit kusam sering disebabkan oleh stres oksidatif dari lingkungan kita, seperti melalui paparan polutan dan pestisida.

“Kami ingin melakukan apa yang kami bisa untuk melindungi tubuh kami dari stres oksidatif, dan salah satu cara yang dapat kami lakukan adalah melalui antioksidan,” katanya. “Inilah saat Anda mendengar, ‘Makan pelangi.’”

Dan, ketika berbicara tentang antioksidan, Paul Jarrod Frank, MD, seorang dokter kulit kosmetik dan penulis “The Pro-Aging Playbook,” menyarankan untuk mengasah likopen dengan nutrisi mikro.

Makanan dengan likopen termasuk banyak buah dan sayuran berwarna merah atau merah muda, seperti:

  • tomat
  • jambu biji
  • pepaya
  • paprika merah

Beberapa kesenangan bersalah juga ada di meja, kata Moskovitz, termasuk anggur merah (dalam jumlah sedang) dan cokelat.

“Kakao adalah sumber antioksidan alami,” kata Moskovitz. “Makan cokelat hitam ekstra (atau lebih dari 75 persen). Jika tidak, Anda mendapatkan lebih banyak gula daripada kakao.”

Makanan terbaik dan terburuk untuk kulit yang tampak dewasa

Hal pertama yang pertama: Penting untuk diingat bahwa, apa pun yang Anda makan, kulit setiap orang pada akhirnya akan menua.

Kerutan terjadi, dan itu tidak masalah.

Tetapi Moskovitz mengatakan bahwa meraih makanan kaya kolagen dapat membantu memperlambat prosesnya sedikit.

“Kolagen adalah protein alami yang ditemukan di tubuh kita,” katanya. “Itu adalah lem yang menyatukan tubuh kita. Tapi kita mulai kehilangan kolagen itu sejak usia 20-an.”

Anda dapat mengisi kembali kolagen dengan makanan kaya protein, seperti:

  • telur
  • ikan
  • daging tanpa lemak

Dia juga mengatakan vitamin C yang ditemukan dalam blueberry dan buah jeruk dapat membantu tubuh menyerap kolagen.

Green mengatakan Anda ingin membatasi makanan asin, seperti kentang goreng dan keripik, karena dapat menyebabkan dehidrasi.

“Ketika kulit dewasa mengalami dehidrasi, garis-garis halus dan kerutan mungkin tampak lebih jelas,” katanya. “Beberapa makanan dapat mengeluarkan kelembapan dari kulit, menyebabkannya menjadi kering dan memperburuk munculnya garis-garis halus dan kerutan.”

Tetapi salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah tidak cukup makan. “Kulit membutuhkan protein dan lemak untuk tetap montok serta mendukung otot,” kata Frank.

Garis bawah

Meskipun diet Anda bukan obat untuk semua masalah kulit, para ahli mengatakan itu adalah bagian integral dari pendekatan holistik untuk perawatan kulit.

Makanan terbaik untuk kulit Anda tergantung pada jenis kulit Anda. Setelah Anda mengetahui jenis kulit Anda, Anda dapat memilih makanan yang menonjolkan fitur terbaik Anda dan mengurangi masalah apa pun yang Anda miliki. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum membatasi atau menghapus apa pun dari diet Anda. Umumnya, untuk kesehatan kulit yang optimal, yang terbaik adalah makan makanan yang digoreng dan manis dalam jumlah sedang dan membatasi asupan alkohol.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *